Meredam Lapar Mata? Ini Caranya!

Fit & Charming / 21 October 2009

Kalangan Sendiri

Meredam Lapar Mata? Ini Caranya!

Lestari99 Official Writer
3636

\"\"Kunci untuk mengontrol rasa lapar mata Anda terhadap makanan adalah dengan mengetahui kapan harus menyerah kepada keinginan itu dan kapan harus menolaknya. Hal ini dapat membantu Anda tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Tanyakan kepada guru fitness atau ahli fitness yang Anda percayai dan mereka akan mengatakan hal yang sama kepada Anda. Jika Anda selalu menyerah kepada hasrat makan Anda, maka Anda akan menyesali kesenangan sesaat itu. Sangat tidak masuk akal bukan jika Anda menghabiskan waktu selama berjam-jam dalam penyesalan hanya untuk sebuah kesenangan yang berlangsung beberapa detik?

1. Perhatikan Diet Anda

Ketidakkonsistenan Anda dalam berdiet membuat Anda mudah untuk lapar mata. Misalnya saja, jika Anda melewatkan sarapan dan makan siang, tanpa camilan, maka Anda akan mengalami nafsu makan yang cukup besar ketika sore menjelang. Lalu tiba saatnya untuk makan malam - Anda bisa makan terlalu banyak. Beberapa orang bahkan mengkonsumsi ribuan kalori tanpa terkontrol.

Solusinya, seimbangkan antara porsi makan Anda dengan camilan sepanjang hari untuk mengendalikan kadar gula darah agar energi Anda tetap terjaga.

2. Apa Yang BENAR-BENAR Anda Inginkan?

Terkadang apa yang Anda inginkan merupakan BAGIAN dari seporsi makanan yang Anda lihat. Dengan kata lain, apakah perlu bagi Anda untuk memakan SEMUA porsi makanan tersebut, atau hanya SEPOTONG roti atau sedikit rasa asin yang dapat memuaskan nafsu keinginan makan Anda?

3. Jangan Terburu-Buru

Kita saat ini berada di lingkungan masyarakat yang menginginkan kepuasan secara instan. "Kalau keinginan mata ini tidak hilang SEKARANG, lupakan semua teori itu. Saya akan membeli selusin Dunkin Donuts." Cobalah untuk menunggu 15 menit atau lebih sebelum Anda masuk ke dalam gua pencobaan itu. Sementara itu, cobalah untuk meminum segelas air dingin karena hal itu dapat membantu Anda menghilangkan keinginan tersebut.

4. Carilah Pengganti Yang Lebih Sehat

Kenali makanan sehat pengganti yang dapat memuaskan hasrat makan Anda. Jika Anda senang dengan makanan yang manis-manis, Anda mungkin dapat memuaskan hasrat makan Anda dengan mengkonsumsi pisang atau segenggam anggur (dengan kalori lebih sedikit dan lebih bergizi).

5. Jika Tidak Sanggup Menahannya, Penuhilah Hasrat Makan Anda

Jika rasa lapar mata Anda tak dapat dibendung lagi, maka penuhilah keinginan itu. Karena seringkali saat seseorang berupaya menghindari hal yang mereka inginkan, mereka justru memenuhinya dengan memakan makanan lain secara berlebihan. Dan beberapa saat kemudian mereka akhirnya menyerah dan tetap memenuhi keinginan mereka akan makanan tersebut. Anda pun akan mengalami rasa bersalah tiga kali lipat: rasa bersalah terhadap diri Anda sendiri, rasa bersalah karena akhirnya Anda menyerah dan tetap memenuhi hasrat makan Anda, dan merasa bersalah karena telah makan secara berlebihan.

\"\"6. Jangan Terlalu Keras Kepada Diri Anda Sendiri

Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, sebelum Anda memuaskan hasrat makan Anda, arahkan diri Anda untuk hasil yang positif. Jangan terlalu keras pada diri Anda dan terimalah bila Anda telah memenuhi hasrat makan Anda. Kedua, jika Anda menyadari bahwa Anda telah memuaskan lapar mata Anda tanpa berpikir, maka terimalah. Karena hal itu memang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Teruslah bergerak maju! Bagaimana Anda akan menjadi lebih baik di waktu mendatang? Intinya adalah jika Anda terus menyalahkan diri Anda sendiri karena telah menjadi orang ‘buruk' yang bisa kalah dengan keinginan Anda, maka Anda akan tetap memiliki pola makan seperti itu. Dengan menerima kekalahan Anda dan terus maju, Anda tidak memberikan kesempatan kepada diri Anda sendiri untuk mengulangi kebiasaan lama yang buruk.

7. Sadarkan Diri Anda Sebelum Tangan Anda Terulur

Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini:

Simpanlah makanan dalam tempat bekal. Bila Anda siap untuk makan, maka itu saja yang dapat Anda makan. Satu hal yang dapat membantu - sisihkan porsi makanan sesuai keinginan Anda (dalam jumlah yang masuk akal tentunya), dan berikan sisanya kepada orang lain atau simpan kembali ke dalam lemari es/freezer.

8. Miliki Rutinitas

Sangat mudah bagi Anda untuk pergi ke dapur dan melahap sebungkus biskuit. Karena itu, ambillah beberapa, makan secara perlahan, dan nikmati setiap gigitannya (sertai dengan meminum air juga). Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit dan lebih menikmatinya.

9. Berkeringat

Berolahraga secara teratur terbukti membuat orang memiliki hasrat makan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak melakukannya. Berolahraga membuat tubuh melepaskan endorfin selama aktivitas fisik yang membuat perasaan menjadi nyaman. Ditambah lagi, berolahraga secara teratur cenderung membuat orang dapat lebih mengendalikan tubuh mereka, sehingga mereka tidak berhasrat untuk makan berlebihan. Pikirkan hal ini: jika Anda berolahraga setiap hari, merasa nyaman dengan diri Anda sendiri dan penuh dengan energi, Anda tidak ingin menyia-nyiakannya dengan memakan junk food setiap saat bukan?

10. Membuat Jurnal

Dalam jurnal makanan Anda, teruslah membuat catatan seberapa sering Anda makan, mengapa dan jenis makanan apa saja yang  membuat Anda lapar mata. Ketika Anda menyadari apa yang memicu hasrat makan Anda - kebosanan, stres, kelelahan, dll - makan Anda dapat mengendalikannya dengan lebih baik.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami